28 October 2016

DERIVED DEMAND & VALUE OF SERVICE

#28102016 TM6-Derived Demand & Value Of Service



DERIVED DEMAND & VALUE OF SERVICE



  • DERIVED DEMAND

Permintaan untuk mengangkut produk dari lokasi tertentu tergantung dengan adanya permintaan untuk konsumsi atau menggunakan produk di lokasi yang jauh. Pengiriman biasanya tidak diangkut ke lokasi lain kecuali ada kebutuhan akan produk tersebut.
Dengan demikian, permintaan untuk transportasi umumnya disebut sebagai permintaan turunan. Permintaan turunan tidak khas untuk transportasi karena permintaan banyak bahan baku tergantung pada permintaan untuk produk jadi yang dihasilkan dari bahan baku.

Karakteristik permintaan turun menyiratkan bahwa angkutan barang tidak akan dipengaruhi oleh tindakan operator transportasi. Sebagaimana dicatat sebelumnya, asumsi ini berlaku untuk permintaan untuk transportasi pada tingkat agregat.



  • VALUE OF SERVICE

Nilai dari layanan ialah mempertimbangkan dampak dari biaya transportasi dan layanan pada permintaan produk. Biaya transportasi yang lebih rendah dapat menyebabkan pergeseran permintaan untuk transportasi antara moda dan operator tertentu.

Hal ini juga dapat mempengaruhi permintaan untuk mengangkut barang lebih dari satu jalur lalu lintas tertentu di mana beberapa operator saling bersaing. Dampak biaya transportasi pada permintaan produk di lokasi tertentu biasanya berfokus pada apa yang kita sebut mendarat biaya produk. Biaya mendarat dari produk termasuk biaya produk pada sumbernya, biaya untuk mengangkut produk ke tujuan, ditambah biaya-biaya tambahan seperti asuransi atau biaya pemuatan.

Biaya mendarat juga menentukan sejauh mana pasar untuk bisnis. Semakin besar jarak produk dikirim, biasanya semakin tinggi biaya mendarat. Pada jarak tertentu dari sumber produk, biaya mendarat biasanya menjadi penghalang untuk pembeli dan tidak akan ada permintaan untuk produk yang pada saat itu. Juga, biaya mendarat biasanya menentukan sejauh mana pasar antara dua perusahaan yang bersaing.


Referensi:

Coyle,  B.  (1982) .  Transportation: A Supply Chain Perspective. 12-14
Share:

0 comments:

Post a Comment